Sunday, July 17, 2016

Rpp Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Kelas Vi Sd/Mi Revisi 2017

ads.id Trade
RPP Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan  RPP Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VI SD/MI Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 6 SD/MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : VI/Ganjil
Tema : Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Sepakbola
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 16 JP ( 4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menerapkan mekanisme variasi dan kombinasi teladan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *
3.1.1 Menjelaskan variasi dan kombinasi teladan gerak dasar menendang/ mengumpan bola
3.1.2 Menjelaskan variasi dan kombinasi teladan gerak dasar menghentikan bola
3.1.3 Menjelaskan variasi dan kombinasi teladan gerak dasar menggiring bola
3.1.4 Menjelaskan variasi dan kombinasi teladan gerak dasar menendang bola ke gawang

4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *
4.1.1 Memperagakan banyak sekali teknik dasar menendang/ mengumpan bola
4.1.2 Memperagakan banyak sekali teknik dasar menghentikan bola
4.1.3 Memperagakan banyak sekali teknik dasar menggiring bola
4.1.4 Memperagakan banyak sekali teknik dasar menendang bola ke gawang

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui aktivitas pembelajaran dengan memakai model part and whole dengan pendekatan scientific, penerima didik di harapkan sanggup Menjelaskan kombinasi teladan gerak dasar Passing bawah dan passing atas serta bisa Mempraktikkan variasi gerak dasar modifikasi permainan bola voli Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berafiliasi dengan baik

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui aktivitas pembelajaran dengan memakai model part and whole di padukan dengan pendekatan scientific, dibutuhkan penerima didik dapat, Menjelaskan variasi dan kombinasi teladan gerak dasar menendang/ mengumpan bola,Menjelaskan variasi dan kombinasi teladan gerak dasar menghentikan bola,Menjelaskan variasi dan kombinasi teladan gerak dasar menggiring bola,Menjelaskan variasi dan kombinasi teladan gerak dasar menendang bola ke gawang, Memperagakan banyak sekali teknik dasar menendang/ mengumpan bola,Memperagakan banyak sekali teknik dasar menghentikan bola,Memperagakan banyak sekali teknik dasar menggiring bola,Memperagakan banyak sekali teknik dasar menendang bola ke gawang, Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berafiliasi dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
­Permainan sepak bola dilakukan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri atas 11orang pemain dan beberapa orang pemain cadangan
2. Konsep
­Negara yang pertama kali memperkenalkan dan menyebarluaskan olahraga sepak bola yaitu Inggris.
3. Prinsip
­Terdapat beberapa teknik dalam permainan sepak bola, di antaranya menendang,mengontrol, menyundul, dan menggiring.
4. Prosedur
­Memperagakan banyak sekali teknik dasar menendang/ mengumpan bola
­Memperagakan banyak sekali teknik dasar menghentikan bola
­Memperagakan banyak sekali teknik dasar menggiring bola
­Memperagakan banyak sekali teknik dasar menendang bola ke gawang

E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific.

F. Media,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan
5. Stopwatch
6. Gambar : Lapangan sepak bola dan teknik menendang bola
7. Model : peragaan oleh guru atau penerima didik yang sudah mempunyai kemampuan menendang bola

G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan

Baca Juga:
RPP PJOK Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017


H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
? Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
? Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
? Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
? Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua potongan : remedial alasannya yaitu belum mencapai KKM dan remedial alasannya yaitu belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan menunjukkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
  • Bagi penerima didik yang belum memahami pelajaran ini, guru menunjukkan tugas, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana,
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai komitmen dengan penerima didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya
  • Sebagai pengayaan, guru sanggup memberi kiprah kepada penerima didik.


……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                       Guru Mata Pelajaran

………………………………            …………………………….
NIP/NRK.                                           NIP/NRK