Monday, June 16, 2014

Silabus Bahasa Inggris Kelas 11 Sma/Ma Kurikulum 2013 Revisi 2017

ads.id Trade
 Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi Silabus Bahasa Inggris Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Bahasa Inggris Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus Bahasa Inggris Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai serpihan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan aksara siswa lebih lanjut.

Baca Juga Silabus Bahasa Jerman Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

Baca Juga Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional, ekspresi dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)
4,2 Menyusun teks interaksi transaksional, ekspresi dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk permintaan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3 Teks Undangan Resmi
4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk permintaan resmi ekspresi dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja
4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk permintaan resmi ekspresi dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis ekspresi dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait informasi aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4 Teks eksposisi analitis
4.4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks eksposisi analitis ekspresi dan tulis, terkait informasi aktual
4.4.2 Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait informasi aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

Baca Juga Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan mendapatkan informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.6 Teks surat pribadi
4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya
4.6.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, ekspresi dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.7 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kekerabatan lantaran akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)
4.7 Menyusun teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kekerabatan lantaran akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.9 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan cukup umur SMA/MA/SMK/MAK
4.9 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan cukup umur SMA/MA/SMK/MAK
3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan Passive Voice)
4.5 Menyusun teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation ekspresi dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait tanda-tanda alam atau sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XI, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks explanation ekspresi dan tulis, terkait tanda-tanda alam atau sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XI

Baca Juga Silabus Ekonomi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus Bahasa Inggris Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memperlihatkan kesempatan kepada guru untuk menyebarkan dan melakukan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, bahan pokok, alternatif pembelajaran dan penilaiannya. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan aneka macam model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melakukan silabus ini, guru diperlukan bertindak kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diadaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan akseptor didik.

Baca Juga Silabus Ekonomi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 Revisi 2017